Rabu, 29 September 2010


Aku DiNatuna
 
    Dibawah kaki gunung Ranai yang tegak berdiri terdapat kota kecil dan juga desa-desa yang tamp ak indah dilihat dipenghujung pandang mata, sayang belum. Jika sempat mendaki hingga puncak lihatlah kekanan, kekiri, kedepan dan kebelakang yang terlihat sejauh mata memandang adalah lautan luas terbentang dan terlihat juga banyak pulau-pulau kecil disampingnya, ehm… seolah-olah aku yang terdampar dipulau nich, mengingat jauhnya jarak pulang kerumah, jika aku pulang dengan berenang menyebrangi lautan ini kira-kira berapa harikah aku kan sampai???????, hanya bisa geleng-geleng kepala. Inilah salah satu pulau terdepan alias perbatasan yaitu pulau natuna. Banyak crita yang aku peroleh, mudah mudahan selama magang disini bermanfaat buat pribadi saya sendiri maupun bagi pulau natuna ini( wahaahahahah gayanya kaya super herro aja). Semakin hari semakin terlihat keindahan, keunikan, keagungan, kebesaran ciptaan Allah ini, semakin betah aku tinggal disini dech. Tapi saya heran… semakin saya cinta tinggal disini semakin aku ingin cepat pulang kerumah, mudah mudahan jalan pikiranku masih waras lah. Dan aku sempat bertanya-tanya apakah dirumah ada yang sedang menungguku, tapi siapakah dia, apakah seorang gadis cantik yang disetiap tidurnya selalu mengigau namaku, apakah seorang putri yang menawan yang selalu menungguku untuk menjadi pangeran yang gagah berani diistananya atau malah seorang …dekoleptor…(penagih Utang wakakakak toeng***toeng…)?

    Awal kedatanganku di pulau natuna ini pas bulan Ramadhan, jadi bisa ngerasain puasa bersama orang-orang natuna, hampir 90% penduduknya alahamudllah muslim alhamdulllah lagi disini banyak orang yang paham dengan ahlussunah waljamaah ya semoga kita juga termasuk golongan ini dan termasuk orang yang menegakan sunnah dan meninggalkan bid'ah. Yang belum tau ahlussunah cepet-cepet dech dicari, insallah dech nyesel kenapa ga dari dulu kita tahu itu semua, ya hidayah datanya hanya dari allah, barang siapa yang diberi putunjuk maka tak ada yang dapat menyesatknya, tetapi barang siapa yang telah disesatkanya maka tak ada yang dapat memberi petunjuk terhadapnya. Masa Allah semoga kita termasuk orang yang diberi petunjuk oleh NYA. Dan dibawah ajaran Rosul yang benar dan murni tanpa campuran ajaran yang dusta.
    Nah sebelum mendarat di pulau natuna ini kan aku terlebih dahulu singgah di Pulau Batam nich tepatnya di daerah Sekupang jln.DR, Supono no 1, itu bukan alamat pangkalan ojeg, atau pelabuhan internasional tapi alamat kantor UPBJJ-UT-Batam jons….? Dibatam sekitar 1 minggu, jadi awal puasanya diBatam, setelah semuanya berkoordinasi dengan UPBJJ batam kelar, aku lanjut ke natuna.
    Hari terus berlalu berjalan terasa amat pelan dan pelan, terasa lama puasa di tanah Rantau jadi pengalaman tersendiri, kegiatanku masih belum ada karena SMK Sendiri diliburkan mulai tgl 18 Agustus sampai 18 September lama kan?, wah aku mau ngapain disini, orang-orang (Guru, Karyawan dll pada mudik), tinggal segelintir orang yang bertahan, padahal SMK ini jauh dari kota kalau siang Listrik padam, hidupnya kalau malam itupun kadang padam terus, air pun terputus karena masalah politik di natuna yang sedang ramai, kalo aku critaiin disini pasti orang pada kaget, tapi aku takut nanti dikira penyebar berita mencemarkan nama baik hehehe. Nah lama-lama puasa telah berjalan 30 hari dan Rhamadan pun telah berlalu kumandang takbir dari segala penjuru kota Ranai telah bersautan, nampak wajah-wajah penduduknya gembira ria merayakan hari kemenangan. Acara takbir keliling membuat suasana semakin ramai, yang dihadiri oleh kepala bupati berjalan mengendarai mobil dinas NO 1 pada barisan terdepan dan diikuti oleh pejabat-pejabat lainya, lalu masyarakat mengikuti dibelakangnya. Dengan berbagai jenis kendaraan yang telah dicreasi menjadi suasana seperti lautan manusia, benar-benar malam yang sangat ramai. Suara petasan yang keras dan kemilaunya kembang api bertaburan dilangit hampir tiada henti, uang sudah tidak mereka hiraukan untuk membelinya, rasa kepuasan mereka nampak lebih diutamakan, pokoknya rame banget dech,denger-denger katanya penduduk sini si memang sudah menjadi kebiasaan orang-orang sini kalu malam lebaran ramenya kaya gini, bahkan bisa sampai 3 hari baru selesai. Pada tengah malam suasana mulai terasa sepi, walau masih ada satu/dua suara petasan yang berbunyi, dan masih ada beberapa surau yang mengumandangkan takbir.
    Pagi hari sudah tidak lagi ada saur benar-benar bulan yang penuh barokah telah berlalu, kini tahun telah berganti dengan tahun yang baru, semoga kita semakin baik dalam beramal, semoga kita semua kembali fitri. Mataku berkaca-kaca teringat keluarga dirumah, pasti mereka merindukan kehadiranku, karena aku juga merindukan mereka pada suasana seperti ini. Aku terus membayangkan suasana rumah tak terasa air mata mengalir, hari kemenangan ini aku benar-benar tidak bersama mereka, mereka selalu menanyakan keadaanku, apakah aku bahagia disana dan pasti ku jawab "Ya aku disini senang, disini ramai, disini asik" padahal aku juga kesepian. Pagi-pagi setelah shalat subuh berjamaah dimasjid pasti dirumah sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan diri untuk bersiap-siap shalat ied dilapangan, ya itulah bayangan suasana dirumah yang terbayang lebih idah dari pada ditanah orang. Sedangakan disini aku serba sendiri, tidak ada kueh buatan ibu, tidak ada ketupat dan lontong sayur, ataupun gule yang hampir-hampir selalu ada disetiap hari lebaran dan aku sangat menyukai masakan itu, yang ada saat ini nampak sepiring makanan dimeja yang aku beli yang akan aku santap nanti, ya sangat menyedihkan. Disini dinatuna island ada sedikit berbeda untuk shalat iednya agak siangan trus juga dekat dari penginapan, padahal aku sudah siap-siap dari tadi, hampir-hampir minyak wangiku sudah berkurang wanginya karena lumayan lama juga aku menunggu. Ya kali pertama aku shalat ied dinatuna, dengan suasana hati yang lumayan sedih, sang khotib dalam mengisi khutbahnya pun sangat bagus sangat mengena dihati yang bertemakan kaum fakir.
    Ya kembali lagi kepenginapan dech, oh ya disini aku memiliki banyak teman, mereka rata-rata berjenggot semua hahahahah, tapi ini bukan salah ibu mengandung kali, tapi memang sudah menjadi fitroh. Temanku sangat baik, mereka selalu menawarkan aku untuk kerumahnya untuk bisa menyantap makanan mereka, tapi aku juga canggung dan malu karena ya tau sendiri dech bener-bener ga enak banget. Ada satu teman namanya abu Agus Mustofa dia yang hampir-hampir selalu menemaniku, membantuku, hampir setiap berbuka aku diserednya untuk bisa berbuka bersama mereka, keluarganya sudah dekat dengan aku, dia yang kuterima tawaranya untuk bisa makan bersama mereka. Tempat tinggalnya dibawah penginapanku, jadi setelah selasai makan aku pun pergi keatas kepenginapanku.
    Karena tidak ada kendaraan yang bisa ku pakai ya aku berdiam diri di penginapan dengan membalas beberapa sms dari teman berupa ucapan hari raya dan sesekali aku angkat juga telephon dari saudara ataupun sahabat di jawa sana. Hari berlalu dan berlalu kegiatan magang pun belum ada yang bisa aku kerjakan, instansi masih diliburkan para pegawai masih banyak yang dikampung halaman ada sebagian yang tidak mudik merekapun masih asik berkunjung satu sama lain. Terkadang aku juga ikut teman pergi ketempat teman mereka, aku si cuek aja, seolah-olah mereka teman lamaku ja. Jadi ya mendingan dech ga bosen dikamar.
    Oh ya disini dinatuna pada awalnya aku tinggal di penginapan bersama orang UPBJJ UT Batam, karena harus koordinasi terlebih dahulu dengan pokjar, sehingga dia ikut kenatuna untuk memastikan pokjar tau tugasku dan apa yang nantinya akan dikerjakan bersama, alhamdullah dari pihak pokjar siap membantu dengan senang hati, lagian mereka juga seusia denganku jadi ya frend gitu dech….
    Oh ya selama di sini saya tinggal dipenginapan milik Bapak Lasjuardi, dia menyuruhku tinggal semaunya tidak usah mbayar, gunakan fasilitas semaunya juga asal dirawat dan di jaga, awalnya aku tidak mau, tetapi setelah disuruh aja ya ok lah kalo begitu, dari pada di SMK aku sendirian, entar ada hantu gimana coba, lagian disinikan dikota jadi aku bisa sedikit terhibur dengan suasananya. Ok lanjut kecerita….
Nah itu crita dikit, lah senang dukanya ari Extentions dinatuna gitu loech.
Beberapa yang dapat saya gambarkan secara singkat tentang apa yang saya ketahui, ya mungkin ga detail detail amat lah, nanti kalo pas dapet info lagi aku update biar lebih hot…..
.
Makananya
Nah dinatuna kalo aku bilang untuk makananya enak-enak, tapi aku heran seheran-heranya dech, sulit di dipahami dicerna and dipikirkan gini critanya, aku tuch disini kalo nasi masak sendiri tak bela-belain beli reskuker apa mejikom tuch aku ga tau namanya bodo amat yang peting bisa buat masak, belinya dibatam yang murah heheheh. Nah untuk lauknya disinikan aku beli, wah busyet mahal amat, padahal disini laut, disana laut tengah tengahnya banyak ikanya kan, tapi bisa-bisanya harga ikanya tetep mahal kaya gini sich, emang ga boleh ditawar ya…..? oh ya hampir lupa, disini ikan air tawar ga laku, masyarakatnya pada tidak suka makan ikan ari tawar, jadi disungai-sungai ikanya besar-besar banget pokoknya mantap. Dan kalo sayur mahal wajar mungkin mereka tidak menanam sayur sendiri, mungkin import dari Vietnam, brazil, atau mungkin dari mexico jadi ya mahal dikit ga apa lah. Ok lanjut, untuk makanan khasnya aku lupa namanya apa, tapi enak juga bisa buat pesta kuliner. Oh ya disini buah kelapa banyak banget dan tidak begitu laku hampir-hampir yang jatuh dari pohonya tidak diambil oleh pemiliknya dan dibiarkan saja sampai pada tumbuh menjadi pohon kelapa lagi terus berbuah lagi terus tumbuh lagi terus dan terus…….., kenapa oleh sang pemilik ga diambil untuk dijual atau diolah lagi ya jadi tambah heran saya, tapi nah ini dia harga es kelapa muda busyet satu gelas 5000 ehm….. padahal kelapa disini tuch tau sendiri tadi aku certain diatas ga kemakan kan, aneh untuk harga es kelapa mudah bisa semahal itu. Dan masih banyak hal yang aneh dengan harga yang tinggi heheheh, mungkin bagi orang sini harga segitu dah jadi standar kali ya, mungkin karena aku aja yang ga punya duit, terus biasanya uang 5000 bagiku bisa buat beli beras, sayur, minyak, baju, celana, bensin, sepatu dll, tapi kalo disini 5000 itu harga es kelapa muda jons….. cek…cek…cek……
Crita-critanya :
Disini punya banyak cerita, terutama cerita tentang Bajak laut. Percaya ga percaya si tapi dah terlanjur aku denger ya terpaksa aku ngerti.
Cerita tetang masa lalu dinatuna ini, yang konon katanya daerah sini itu tempatnya sarang bajak laut, alias perampok laut, aku lupa kemarin julukanya apa gitu….? Tapi intinya bajak laut lah. Disini dulu setiap para pembajak laut dapet hasil rampasanya mereka selalu kesini, untuk menyimpan hasil simpanannya, mereka pendam didalam tanah secara diam-diam, biar ga kelihatan orang xixixixi…… lucu, setelah beberapa waktu mereka ambil lagi, tapi tidak jarang tidak mereka ambil lagi, konon masih banyak simpanannya yang memang hanya dikubur disini, dan akhir akhir ini katanya memang banyak ditemukan barang-barang antik oleh warga sekitar, jika beruntung pas menggali tanah dapat tuch harta karun, tetapi disini juga ternyata banyak kuburan-kuburan masal, katanya lagi ada tempat yang ga jauh dari penginapanku sini ditemukan banyak tulang belulang tengkorak manusia, yang konon katanya bekas kuburan dulu si, ehem…. Seru juga kaya film pirates ya….? Untuk sejarah yang pasti, selama ini aku belum denger, ya kapan kapan dech kalo dapet certia aku update lagi.
Jumlah Penduduknya
Untuk jumlah penduduknya lumayan banyak juga, untuk seukuran pulau ini, setelah tak hitung satu persatu dengan cara mereka suruh baris semua yang terhitung saat itu adalah 69.319 jiwa, sama aku berarti ya 69.400 jiwa, pas banget aku sebagai penggenap hehehe, tapi untuk sekarang ga tau entah bertambah atau berkurang, kayaknya berkurang coz lagi pada mudik xixixixi, dari jumlah segitu banyak untuk prianya berjumlah 35.870 kalo aku ikut diitung berarti 35.871, wah malah aku jadi pengganjilnya untuk wanintanya 33.449 banyak juga ya, dari segitu banyak yang masih gadis mungkin lebih dari 10.000 ya kan, kira-kira ada gak ya yang mau sama aku wekekekeke….?
Bahasanya
Yang jelas disini tidak menggunakan bahasa spayol, prancis atau bahasa itali, Sering nonton film upin dan ipin kan, nah persis banget bahasanya kaya itu, kalo orang bilang namanya bahasa melayu kalo bahasa jawanya Lari, jadi disini menggunakan bahasa melayu atau lari. Jadi disini kalo aku ngelihatin anak kecil lagi pada main itu kaya upin ipin persis, bener bener persis lucu banget. Ya tetep bahasa nasionalnya INDONESIA, dan disini banyak orang yang berasal entah dari mana, ada yang dari Kalimantan, jawa, cina, dll dech. Jadi bahasanya juga banyak, sampai saat ini aku belum bisa menggunakan bahasa melayu loch hebat kan, ya lumayan sulit juga, hampir mirip bahasa Malaysia xixixix…..?
Bersambung berserta update an beserta gambar-gambarnya juga........


lihat nich gambar... gambar aku bertamasya









 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar