Senin, 26 Juli 2010

Membuat soal ujian menggunakan timer dan sound alert






Membuat sound dan timer
Bukan jendela baru flash, Tekan ctrl-R dan pilih file sound.
Jika file sound sudah berada pada library, klik kanan pada file tersebut dan klik Linkage.., centang Export for action script

Selanjutnya buat 1 dynamic text, dan beri nama var “komen”.


Kemudian buat static text, dan beri label “Waktu” dan “:”, tambahkan lagi dua Dynamic text dan beri var minute dan second



Buat satu Dynamic text dan tuliskan Reset. Atur property-nya menjadi show border around text, dan non aktifkan selectable



Tekan F8 pada text Reset, dan beri nama reset_btn, dan type-nya menjadi Button, lalu OK. Selanjutnya dengan masih dalam keadaan terseleksi, lihat properties buttn yang baru dibuat dan beri nama Instance menjadi “reset_btn”



Klik frame 1, dan tekan F9 (Action), lalu tuliskan kode berikut
fps = 0;
menit = 0;
detik = 15;
waktuHidup = true;
efek = new Sound();
efek.attachSound("chimes");
efek.stop();

onEnterFrame = function(){

//jika detik kurang dari 10, maka akan ditambahkan angka 0 didepanya
if(detik<10){ _root.second = "0"+detik; }else{ _root.second = detik; } //jika menit kurang dari 10, maka akan ditambahkan angka 0 didepannya if(minute<10){ _root.minute = "0"+menit; }else{ _root.minute = menit; } if(waktuHidup){ fps++; if(fps == 20){ detik -=1; if(menit=0 && detik<11){ efek.start(0,1); } fps = 0; } if(menit>0 && detik==0){
menit-=1;
detik = 59;
}
if(menit = 0 && detik ==0){
info="Waktu telah habis";
waktuHidup = false;
}
}
};

reset_btn.onPress = function(){
detik = 15;
waktuHidup = true;
};
** File sound dapat juga kita taruh pada file external yang berada di satu folder dengan file .fla. kita tinggal mengubah script di tempat deklarasi variable
fps = 0;
menit = 0;
detik = 15;
waktuHidup = true;
var efek:Sound =new Sound();
efek.loadSound("chimes.wav", false);
//efek = new Sound();
//efek.attachSound("chimes");
efek.stop();

Tidak ada komentar:

Posting Komentar