Jumat, 01 Oktober 2010

Akhirnya kembali ke Instansi

Senin, 20 September 2010
Pagi ini aku mendatangi LABSCHOOL, sebuah sekolah swasta yang telah memberi rekomendasi bagiku untuk melanjutkan studi ke ITB untuk program diploma empat. Setelah sebelumnya sekitar sebulan yang lalu aku kemari untuk melaporkan bahwa aku telah kembali ke aceh untuk melaksanakan tugas pemasangan multicast dari SEAMOLEC serta membantu dalam bidang pendidikan di instansi pengirim.
Kali ini aku kembali menjumpai pak Muhardi, beliau menjabat sebagai kepala TU di LABSCHOOL, beliau memperkenalkan aku kepada kepala sekolah, yaitu Dr. Usman Kasim, M.Ed. Di sekolah ini aku diminta untuk membantu guru TIK, Pak Hendra Darmawan untuk mendidik anak-anak kelas tiga yang kebetulan sedang belajar design 2D. karena merasa mampu, akupun setuju. Maka aku diberi jadwal mengajar pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat.

Rabu, 22 - 24 September 2010



Hari ini adalah hari pertama aku mengajar di Laboratorium Komputer LABSCHOOL. Pak Hendra memintaku langsung menuju ke lokasi karena jam 11.20 pelajaran dimulai. Jantungku berdegub makin kencang tatkala kaki melangkah kian mendekati laboratorium komputer. Aku benar-benar gugup karena ini merupakan kali pertama ku mengajar. Laboratorium masih kosong ketika aku masuk, pak Hendra langsung menyuruhku mempersiapkan laptop dan bahan ajar. Maka segera kusambungkan perangkat projector ke laptop miniku. Setelah mempersiapkan laptop lengkap dengan projectornya, akupun meng-kopikan program Photoshop CS4 Portable ke komputer-komputer yang akan dipakai para siswa. Pekerjaan ini tidak menyita waktu lama karena file yang dibutuhkan sudah aku “share”, sehingga dengan mudah aku dapat mengkopi file Photoshop CS4 Portable tersebut tanpa harus repot memindah-mindahkan flashdisk dari satu komputer ke komputer lainnya.
Tak lama waktu berselang, anak-anak mulai memasuki laboratorium, pak Hendra memperkenalkan aku beserta dua orang mahasiswa lain yang ikut magang di labschool tersebut, yaitu Dedi dan Reja. Mereka mahasiswa dari fakultas MIPA-Unsyiah angkatan tahun 2010. Setelah acara perkenalan selesai aku di persilahkan mengajar. Materi hari ini hanya pengenalan tools photoshop. Sebelum memulai materi aku mempresentasikan sekilas beberapa karyaku dengan photoshop, efeknya…anak-anak jadi lebih antusias mengikuti instruksiku. Di akhir pemberian materi, anak-anak aku beri tugas untuk pertemuan selanjutnya. Mereka aku minta untuk membawa foto diri masing-masing.
Tiga hari berturut-turut (Rabu, Kamis, Jumat) aku mengulang materi yang sama di kelas yang berbeda, makin hari makin mantap hingga rasa canggungku mengajar akhirnya hilang. Respon dari tiap kelas juga bervariasi dalam menerima materi yang aku berikan. Selain bantu-bantu mengajar “TIK”, aku juga mengerjakan pekerjaan teknisi komputer seperti pada 24 september siang, setelah pelajaran usai aku menginstal ulang beberapa PC siswa. Minggu pertama ini cukup seru, moga minggu depan ada aku punya pengalaman baru y ga kalah seru untuk dapat aku bagikan ke teman-teman di blog ini…

Zufrianti Dewi
Aceh

2 komentar:

  1. jiaa... itu photoku benar2 dipajang di depan kelas,,, jadi enak semakin terkenaL :P

    BalasHapus